Delite20's Blog

November 6, 2009

Modul Office 2003

Filed under: FIK UM — delite20 @ 1:10 am
Tags: , , , , ,

BAB I

PENGERTIAN

M

icrosoft Word (MS Word) merupakan program aplikasi untuk mengolah kata, seperti surat-menyurat, membuat formulir, skripsi, novel, membuat naskah, membuat table, dan berbagai pengolahan kata lainnya. Untuk bekerja pada lembar kerja, dapat dimanfaatkan fasilitas dari kelompok menu yang terdapat dalam menu bar atau toolbar menu, seperti terlihat pada gambar berikut :

title bar

menu bar

toolbar

standar

ruler

status bar               toolbar gambar                           task pane

Title bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan atau menyembunyikan jendela program dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize / Restore, dan Close.

Menu bar berisi serangkaian perintah yang di dalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya (File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window dan Help).

Tool bar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari perintah File > Open, atau tool Print merupakan shortcut dari perintah File > Print.

Tool Open            Tool Print

Gambar 1. Toolbar

Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal (di atas dokumen) dan secara vertical (di samping dokumen).  Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

Task Pane merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian di dalam jendela Task Pane terdiri atas 13 bagian, yaitu Getting Started, Help, Search Results, Clip Art, Research, Clipboard, New Document, Shared Workspace, Document Updates, Protect Document, Styles and Formatting, Reveal Formatting, Mail Merge dan XML Structures.

Status bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampillkan, antara lain :

Status Bar

Gambar 2. Status bar

  • Page number : menampilkan informasi halaman.
  • Sec : menampilkan section dokumen.
  • Number/number : menampilkan nomor halaman dan total halaman. Contoh 4/15 (artinya halaman ke 4 dari total 15 halaman).
  • At : menampilkan jarak dari atas halaman pada titik sisip.
  • Ln : menampilkan baris dari teks tempat titik sisip diposisikan.
  • Col : menampilkan jarak dari baris kiri ke posisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.

Berikut ini adalah kelompok atau submenu yang terdapat dalam menu bar.

MENU FILE

Gambar 3. Menu File

Menu file terdiri dari sub-sub menu berikut :

  • New, untuk membuat dokumen baru.
  • Open, untuk membuka file dokumen yang sudah ada.
  • Close, untuk menutup dokumen yang sedang aktif.
  • Save, untuk menyimpan dokumen yang masih aktif.
  • Save As, untuk menyimpan dokumen baru.
  • Page Setup, untuk mengatur halaman lembar kerja.
  • Print Preview, untuk melihat tampilan lembar kerja sebelum dicetak.
  • Print, untuk mencetak dokumen.
  • Properties, untuk melihat dan membuat rangkuman dari dokumen yang aktif.
  • Exit, keluar dari Word dan menutup seluruh dokumen yang ada.

MENU EDIT

Gambar 4. Menu Edit

Menu edit terdiri dari sub-submenu berikut:

  • Undo Clear, untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan.
  • Redo Clear, untuk mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan.
  • Repeat Typing, untuk mengulangi perintah yang telah anda lakukan.
  • Cut, untuk menghapus objek yang tidak diinginkan.
  • Copy, untuk menyalin objek yang ada dalam dokumen.
  • Paste, untuk menampilkan hasil dari perintah copy.
  • Select All, untuk menyorot seluruh objek yang akan diolah.
  • Find, untuk mencari kata atau teks yang terdapat didokumen.
  • Replace, untuk mengganti teks yang terdapat dukomen.
  • Go To, untuk menuju ke halaman lain yang berada didalam dokumen.

MENU VIEW

Gambar 5. Menu View

Menu View terdiri dari sub –submenu berikut:

  • Normal, untuk mengubah media pengetikan ke bentuk normal dan menghilangkan garis pengatur dari baris yang terletak di sebelah kiri layar.
  • Print Layout, untuk mengubah media pengetikan ke bentuk print priview.
  • Web Layout, memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
  • Outline, memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
  • Toolbar, untuk mengaktifkan dan menyembunyikan berbagai jenis toolbar.
  • Ruler, untuk menampilkan atau menyembunyikan garis bingkai pada layar.
  • Header and Footer, untuk membuat judul atas (header) dan judul bawah (footer) atau memberi nomor halaman pada dokumen.
  • Full Screen, untuk menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
  • Zoom, untuk mengubah tampilan layar dengan persentase.

MENU INSERT

Gambar 6. Menu Insert

Menu Insert terdiri dari sub-submenu :

  • Break, untuk menyisipkan belahan halaman.
  • Page Number, untuk menyisipkan nomor halaman yang anda buat, baik pada judul atas maupun judul bawah.
  • Date and Time, untuk menyisipkan tanggal dan waktu saat anda bekerja di dokumen.
  • Symbol, untuk menyisipkan symbol ke dalam dokumen.
  • Picture, untuk menyisipkan gambar ke dokumen yang aktif.
  • Diagram, untuk menyisipkan diagram ke dalam dokumen yang aktif.
  • Text Box, untuk menyisipkan teks atau gambar yang berada di dalam suatu kotak tertentu ke dalam dokumen yang aktif.
  • File, untuk menyisipkan suatu file ke dalam dokumen.
  • Object, untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen aktif.
  • Bookmark, untuk menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik dan lainnya ke dalam dokumen.
  • Hyperlink, untuk menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang berguna dalam pembuatan shortcut dalam pembukaan dokumen yang tersimpan di internet, intranet, server jaringan dan drive.

MENU FORMAT

Gambar 7. Menu Format

Menu Format terdiri dari sub-submenu berikut:

  • Font, untuk memilih berbagai jenis huruf beserta ukuran, dam lain-lain.
  • Paragraph, untuk mengatur tata tulis sebuah teks.
  • Bullets and Numbering, untuk membuat penomoran secara otomatis.
  • Border and Shading, untuk membuat bingkai pada sebuah teks dan bayangannya.
  • Drop Cap, untuk membuat huruf pertama teks atau paragraph menjadi huruf besar dengan ukuran beberapa baris.
  • Change Case, untuk mengubah tipe huruf.

MENU TABLE

Gambar 8. Menu Table

Menu table terdiri dari sub-submenu berikut:

  • Insert, untuk menyisipkan table kedalam dokumen yang aktif.
  • Delete, untuk menghapus sel pada tabel dalam dokumen aktif.
  • Select, untuk menyeleksi sel pada dokumen aktif.
  • Merge Cells, untuk menggabungkan beberapa sel (baris atau kolom) menjadi satu sel
  • Split Cells, untuk membagi sel menjadi beberapa baris dan kolom.


BAB II

MENGELOLA DOKUMEN BARU

MEMBUAT DOKUMEN BARU

Untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Word, dapat dilakukan dengan langkah berikut.

  • Klik File kemudian pilih atau klik New.
  • Klik OK atau dua kali ikon Blank Document, Anda akan melihat tampilan lembar kerja Word yang masih kosong (blank).
  • Selanjutnya, lembar kerja dapat dipergunakan untuk melakukan penulisan naskah atau yang lain.

Gambar 9. Icon file-new

MENYIMPAN DOKUMEN BARU

Setelah anda selesai, mengetik suatu dokumen, agar tidak hilang maka harus dilakukan penyimpanan. Adapun perintah untuk menyimpan file baru adalah dengan menggunakan submenu Save/Save As dari menu File.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik menu File.

Gambar 10. Icon file-save

  • Klik submenu Save/ Save As, sehingga muncul kotak dialog Save As.
  • Isikan pada kotak isian Save in dengan direktori yang anda gunakan untuk menyimpan. Misalnya akan disimpan di UNIVERSITAS NEGERI MALANG, maka pilih kemudian isikan pada kotak isian file name dengan nama file.
  • Kemudian klik Save, maka dokumen akan tersimpan pada UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Gambar 11. Mengisi file name

Jika anda menginginkan menyimpan data anda dengan menggunakan kata kunci (password) maka dapat anda lakukan langkah berikut :

  • Klik menu File.
  • Klik submenu Save/ Save As sehingga muncul kotak dialog berikut.
  • Isikan pada Save in, File name, dan Save as Type seperti cara tersebut.

Gambar 12. Kotak dialog SSave as

Adapun untuk memberi password , dapat anda lakukan dengan meng-klik tabulasi Tools kemudian pilih Security Option sehingga akan muncul kotak dialog berikut :

Gambar 13. Security options pada save as

Gambar 14. Kotak dialog security options

  • Isikan pada tabulasi Password to Open dan Password to modify dengan kata kunci. Anda dapat memasukkan menuliskan pada dua tabulasi tersebut dengan kata yang sama atau dua kata yang berbeda kemudian klik OK sehingga muncul kotak dialog berikut :

Gambar 15. Mengisi password

  • Isikan pada tabulasi Reenter password to Open dan Reenter password to modify dengan kata kunci  yang anda tuliskan pada tabulasi Password to Open dan Password modify kemudian klik OK.
  • Kemudian klik Save.

Jika anda ingin menghapus password yang pernah anda buat maka dapat anda lakukan dengan langkah berikut :

  • Aktifkan dokumen anda, tentunya melalui password yang pernah anda buat.
  • Simpanlah dengan submenu Save As, klik Tools, Security Option, kemudian hapuskan semua kata kunci yang pernah anda tuliskan pada semua tabulasi.
  • Klik Save maka dokumen anda akan tersimpan tanapa password.

MEMFORMAT DOKUMEN

Untuk merapikan dokumen dapat dipergunakan fasilitas yang terdapat dalam menu Format yang terdiri dari Font, Paragraph, Bullets and Numbering, Columms, Tabs, Drop Cap, Change Case, dan lain-lain. Ada cara lain untuk melakukan format dokumen, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas menu toolbar.

Mengatur Huruf

Memilih jenis dan ukuran huruf.

Untuk mengatur jenis, model, ukuran, dan efek dari huruf dapat dilakukan dengan langkah berikut.

  • Sorot teks tulisan anda.
  • Klik tabulasi Font pada menu Format kemudian pilih salah satu jenis, model, ukuran atau efek dari huruf yang anda inginkan.
  • Klik OK.

Gambar 16. Kotak dialog font

Menebalkan, memiringkan, dan menggaris bawahi huruf.

Untuk menebalkan, memiringkan, dan menggarisbawahi huruf dapat dilakukan dengan memanfaatkan ikon “B, I, Upada toolbar dengan langkah berikut.

  • Sorot tulisan yang akan anda format.
  • Klik ikon “B” (untuk menebalkan), “I” (untuk memiringkan), atau “U” (untuk menggarisbawahi). Atau tekan tombol Ctrl + B atau Ctrl + I atau Ctrl + U secara bersama-sama.

Gambar 17. Button bold, italic, dan underline

Tabel dibawah ini memperlihatkan contoh-contoh hasil pemformatan teks dan penggunaan efek dalam teks.

Format Karakter Hasil Format Karakter
Regular Inilah contoh teks dengan efek
Bold Inilah contoh teks dengan efek
Italic Inilah contoh teks dengan efek
Bold Italic Inilah contoh teks dengan efek
Underline Inilah contoh teks dengan efek
Bold-Italic-Underline Inilah contoh teks dengan efek
Strikethrough Inilah contoh teks dengan efek
Double Strikethrough Inilah contoh teks dengan efek
Superscript Inilah contoh teks dengan efek
Subscript Inilah contoh teks dengan efek
Shadow Inilah contoh teks dengan efek
Outline Inilah contoh teks dengan efek
Emboss Inilah contoh teks dengan efek
Engrave Inilah contoh teks dengan efek
Small caps Inilah contoh teks dengan efek
All caps Inilah contoh teks dengan efek
Hidden (tidak terlihat)

MENGATUR PARAGRAPH

Pengaturan paragraph di antaranya terdiri dari pengaturan perataan teks (Aligment), jarak (spasi), dan identasi.

Pengaturan Perataan Teks

Untuk mengatur perataan teks tersedia empat pilihan, yaitu left (teks rata kiri), center (teks rata tengah), right (teks rata kanan), justified (teks rata kanan dan kiri). Adapun langkah pengaturan perataan teks dapat dilakukan dengan cara.

  • Tempatkan kursor ke paragraph atau teks yang akan anda atur.
  • Klik menu Format.
  • Pilih Paragraph maka anda akan melihat kotak dialog Paragraph.
  • Pada Alignment pilih jenis perataan yang anda inginkan.
  • Klik OK.

Gambar 18. Kotak dialog paragraph

Mengatur Spasi Baris Pada Teks

Untuk mengatur jarak antara satu baris dan baris berikutnya, disediakan beberapa pilihan yaitu single, 1.5 lines, double, At least, Exactly, dan Multiple. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Tempatkan kursor di paragraph yang akan diubah spasinya.
  • Klik menu Format.
  • Klik Paragraph.
  • Pada Line Spacing pilihlah salah satu (1 spasi; 1.5 spasi; atau yang lain).
  • Klik OK.

Gambar 19. Mengganti spasi

Menggunakan Identasi

Cara yang lebih mudah untuk membuat indentasi, yaitu melalui Ruler dengan cara klik dan geser pada indentasi yang terdapat pada bagian kiri atas Ruler.

Ada empat bagian indentasi pada Ruler, yaitu First line indent, Hanging indent, Left indent, dan Right indent. First line indent dipergunakan untuk menentukan posisi baris pertama, Hanging indent dipergunakan untuk menentukan posisi berikutnya, Left indent untuk menentukan posisi batas kiri, Right indent untuk menentukan posisi batas kanan baris.

MENGATUR BULLETS AND NUMBERING SECARA OTOMATIS

Untuk memberikan penomoran secara otomatis, dapat anda lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Bullets and Numbering yang dapat anda jalankan melalui menu Format. Adapun langkah membuat bullet adalah sebagai berikut.

  • Klik menu Format
  • Pilih dan klik submenu Bullets and Numbering.
  • Klik Bulleted kemudian pilih salah satu bentuk bullet yang anda inginkan.

Gambar 20. Bullets

Adapun untuk membuat penomoran secara otomatis, dapat dilakukan dengan langkah berikut.

  • Sorot teks yang akan diberi nomor.
  • Klik ikon Numbering pada toolbar Formating.
  • Klik OK.

Gambar 21. Numbering

BORDER AND SHADING

Fasilitas border dipergunakan untuk membuat bingkai (border) pada teks. Untuk membuat bingkai dari naskah, anda dapat melakukan langkah berikut.

  • Sorot teks atau gambar yang akan diberi bingkai.
  • Klik menu Format.
  • Pilih Borders and Shading.
  • Klik Borders dan pilihlah jenis border yang anda inginkan. Ada empat pilihan: Box, Shadow, 3D, dan Customize. Pilih bentuk garis yang dipergunakan unuk bingkai pada kolom style.
  • Klik OK.

Gambar 22. Borders and Shading

Shading berfungsi untuk memberikan bayangan atau memberikan latar belakang pada teks. Langkah membuat shading adalah sebagai berikut.

  • Sorot teks yang akan diberi shading.
  • Klik menu Format.
  • Klik Borders and Shading.
  • Klik Shading.
  • Klik warna yang anda inginkan.
  • Klik OK.

MENGGUNAKAN TABULASI

Tabulasi adalah titik pada suatu garis tempat kursor berpindah ketika menekan tombol Tab. Adapun langkah-langkah membuat tabulasi adalah sebagi berikut.

  • Klik menu Format dan pilih Paragraph.
  • Pilih atau klik Tabs.
  • Isikan ukuran tabulasi pada Tab Stop Position.
  • Pilih jenis tab stops pada pilihan Alignment.
  • Klik OK.

Gambar 23. Fungsi Tabs

MENGGUNAKAN DROP CAP

Fasilitas Drop cap dipergunakan untuk memberikan variasi pada tulisan anda, dimana anda akan memberikan efek pada tulisan anda untuk huruf pertama pada sebuah paragraph. Adapun langkah-langkah untuk membuat Drop cap adalah sebagai berikut.

  • Blok huruf yang akan anda buat Drop cap.
  • Klik menu Format.
  • Pilih submenu Drop cap akan muncul kotak dialog berikut.

Gambar 24. Fungsi Drop Cap

  • Pada Position, pilihlah salah satu Dropped atau in margin.
  • Pada Option Font, pilihlah jenis huruf yang dikehendaki.
  • Pada Lines to drop isikan angka untuk menentukan berapa baris untuk membuat drop dari huruf yang anda inginkan.
  • Klik OK.


BAB III

MENGEDIT DOKUMEN

MENGHILANGKAN ATAU MENGHAPUS HURUF, KATA,  ATAU KALIMAT

Ada beberapa cara untuk menghapus karakter atau kata, yaitu sebagai berkut.

  • Tekan Backspace, untuk menghapus karakter disebelah kiri kursor.
  • Tekan Ctrl + Backspace, untuk menghapus satu kata sebelah kiri.
  • Tekan Delete, untuk menghapus satu karakter disebelah kanan kursor.
  • Tekan Ctrl + Delete, untuk menghapus satu kata disebelah kanan kursor.
  • Blok kata/kalimat + Del (Ctrl + X), untuk menghapus kata atau kalimat yang diblok.

Adapun untuk melakukan blok terhadap karakter dapat anda lakukan dengan langkah sebagai berikut.

  • Klik dua kali pada sebuah kata jika ingin mengeblok kata tersebut
  • Klik Selection bar pada sebelah kiri baris jika ingin mengeblok satu baris.
  • Tekan Ctrl + klik pada sebuah kalimat jika ingin mengeblok satu kalimat.
  • Tekan Ctrl + A jika ingin mengeblok satu naskah penuh.

PENCARIAN TEKS

Pencarian sebuah teks, baik yang berupa kata atau kalimat dapat dilakukan dengan cara berikut.

  • Klik menu Edit.
  • Pilih Find maka akan keluar kotak dialog berikut.

Gambar 25. Kotak dialog Find

  • Pada kotak isian Find what isikan kata yang anda cari.
  • Klik Find Next.
  • Klik berkali-kali Find Next sampai anda selesai mencari kata yang anda cari.
  • Klik OK pada kotak dialog yang berisi “Word has finished searching the document”.

Gambar 26. Find next

PENGGANTIAN KATA SECARA KOLEKTIF

Untuk mengganti kata atau kalimat dalam sebuah dokumen, dapat dimanfaatkan fasilitas Replace. Adapun langkah-langkah mengganti kata dengan cara cepat adalah sebagai berikut.

  • Klik menu Edit.
  • Pilih Replace maka akan ditampilkan kotak dialog berikut.

Gambar 27. Kotak dialog Replace

  • Ketik kata yang akan diganti pada kotak isian Find what.
  • Ketik kata pengganti pada kotak Replace With.

Gambar 28. Ketik pada Replace With

  • Klik Replace All maka semua kata yang ada di Find what akan terganti oleh kata di Find with.
  • Klik close untuk menutup kotak dialog tersebut.

MENCARI HALAMAN DENGAN PERINTAH GO TO

Untuk menuju ke halaman tertentu dengan cepat, dapat menggunakan fasilitas Go To dengan langkah sebagai berikut.

  • Klik menu Edit.
  • Klik submenu Go To maka akan ditampilkan kotak dialog berikut.

Gambar 29. Mencari Halaman

  • Pada kotak isian Enter Page number isikan halaman yang anda tuju.
  • Klik Go To.
  • Klik Close untuk menutup kotak dialog tersebut.

Perintah menuju ke halaman tertentu tersebut juga berlaku untuk perintah menuju ke bab (section), baris (line), bookmar, footnote, dan lain-lain. Untuk melakukan beberapa pilihan tersebut, anda dapat melakukan pilihan pada kotak pilihan Go To what.


BAB IV

MENCETAK DOKUMEN

MENGATUR HALAMAN

Mengatur halaman sebuah dokumen dapat dilakukan melalui submenu  Page Setup yang berisi beberapa fasilitas dintaranya pengaturan Margin (batas tepi) dan Pengaturan Paper (ukuran dan jenis kertas yang dipakai).

Mengatur Margin

Jika anda ingin mengatur posisi dan batas tepi dari dokumen, maka lakukan klik File, Page Setup kemudian pilih tabulasi Margin maka akan ditampilkan kotak dialog berikut.

Gambar 30. Page Setup (mengatur margin)

Isikan batas atas (Top), kiri (Left), bawah (Bottom) dan kanan (Right) diukur dari tepi kertas. Pada kolom Orientation, pilihlah portraid untuk percetakan dengan posisi kertas tegak (vertikal) atau Landscape untuk percetakan dengan posisi kertas mendatar (horizontal).

Mengatur Jenis dan Ukuran Kertas (Paper)

Untuk mengatur jenis dan ukuran kertas dapat dilakukan dengan meng-klik file, Page Setup kemudian pilih tabulasi Paper maka akan ditampilkan kotak dialog berikut.

Gambar 31. Page Setup (mengatur jenis dan ukuran kertas)

Isikan pada kolom Paper Size kertas yang akan dipakai untuk mencetak, dibawah jenis kertas tersebut sudah tersedia ukuran, baik lebar maupun panjang kertas. Setelah selesai pastikan bahwa ukuran, jenis, dan posisi kertas sesuai dengan keinginan dengan melakukan Print Preview.

Memberi Nomor Halaman

Untuk memberikan nomor halaman pada lembar kerja, dapat dilakukan dengan langkah berikut.

  • Pilih menu Insert.
  • Klik Page Numbers, maka akan muncul kotak dialog Page Numbers.

Gambar 32. Page Numbers

  • Pada kolom pilihan Position, pilihlah posisi nomor halaman tersebut (Top of Page) atau di bawah (Bottom of Page).
  • Pada kolom pilihan Alignment, pilihlah posisi nomor.

Membuat Header dan Footer

Header atau footer berfungsi untuk meletakkan teks atau objek pada bagian atas atau bagian bawah halaman yang muncul di setiap halaman dokumen anda. Header dan footer dapat berupa nomor halaman, tanggal, nama, atau teks apapun sesuai keinginan anda. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Klik menu View.
  • Pilih Header and Footer maka ditampilkan toolbar header and footer sebagai berikut.

Gambar 33. Kotak dialog Header and Footer

  • Klik ikon Switch Between Header and Footer untuk berpindah antar footer-header bergantian.

Gambar 34. Icon Switch Between Header and Footer

  • Jika anda ingin membuat header, pastikan kursor berada di atas halaman dokumen anda. Setelah itu, ketiklah teks yang anda kehendaki.
  • Jika anda ingin membuat footer, pastikan kursor berada dibawah halaman dokumen anda kemudian tuliskan teks yang anda inginkan.
  • Jika sudah selesai, tutuplah dengan mengeklik Close.

Menghapus Header and Footer

Menghapus header and footer sangat mudah, anda tinggal melakukan klik dua kali ke halaman header dan footer yang akan dihapus. Saat anda klik dua kali header and footer, saat itu juga muncul toolbar header and footer. Setelah anda menghapus teks yang ada di header dan footer, klik close. Header dan footer tidak ditampilkan lagi ketika anda kembali ke window dokumen.

Melakukan Cetak Dokumen

Setelah proses pengaturan selesai, langkah terakhir adalah proses pencetakan. Untuk mencetak dokumen, pastikan printer anda terpasang dan dinyalakan. Prosedur yang harus dilakukan adalah sebagi berikut.

  • Aktifkan dokumen yang akan cetak.
  • Klik menu File.
  • Klik Print maka akan muncul kotak dialog printer berikut.
  • Pada kotak pilihan Printer Name, diisi dengan merk dan seri printer yang akan dipakai.
  • Pada kotak Page range, pilih salah satu. All (mencetak semuahalaman), Pages (untuk mencetak halaman tertentu), Current page (untuk mencetak halaman yang tampil dilayar.
  • Pada kotak isian Copies, isikan Numbers of copies dengan jumlah pencetakan berapa kali untuk tiap halaman.
  • Klik OK.

Gambar 35. Kotak dialog Print


BAB V

MEMBUAT DOKUMEN DENGAN BEBERAPA VARIASI

MENYISIPKAN DOKUMEN KE DOKUMEN LAIN

Untuk menggabungkan dokumen-dokumen yang telah tersimpan dalam file yang berbeda, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Aktifkan salah satu dokumen yang akan digabungkan.
  • Tempatkan kursor pada posisi dimana anda akan menyisipkan dokumen.
  • Klik menu insert.
  • Pilih atau klik File, sehingga akan muncul kotak dialog pilihan file yang akan anda gabungkan atau sisipkan.
  • Pilih atau klik file yang akan digabung atau disisipkan.
  • Isikan pada kolom file name, dengan file baru jika anda mengendaki file anda berubah nama.
  • Klik insert atau tekan Enter.

Gambar 36. Kotak dialog Insert File

MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIASI SIMBOL

Pada saat anda menuliskan sebuah dokumen, terkadang membutukan symbol tertentu yang tidak dalam keyboard anda. Untuk itu anda harus mencari symbol yang telah disediakan oleh Microsoft Word melalui fasilitas submenu Symbol. Misalnya anda ingin menuliskan kop alamat kantor dan anda ingin menyisipkan gambar telepon yang berada di sebelah tulisan nomor telepon (contoh :        ( 0341 779002) maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik menu Insert.
  • Klik Symbol, maka akan muncul tampilan seperti berikut.
  • Pada kotak pilihan Font, pilihlah fontasi yang akan dipakai.
  • Pilih jenis symbol yang anda inginkan.
  • Klik insert.
  • Klik close.

Gambar 37. Kotak dialog Insert Symbol

MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIASI OBJECT

Menu insert juga dapat digunakan untuk menuliskan atau menyisipkan rumus-rumus matematika dengan cara memanfaatkan fasilitas Equation. Misalnya, anda ingin menuliskan rumus berikut.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Klik menu insert.
  • Klik submenu Object.
  • Pilih Microsoft Equation, pada kotak pilihan Object type sehingga muncul kotak Equation berikut

Gambar 38. Kotak dialog Object

Gambar 39. Kotak dialog Equation

  • Pilih dua kali pada garis pola yang dikehendaki.
  • Isilah rumus tersebut dengan angka yang anda inginkan.
  • Klik sembarang tempat untuk menormalkan jendela kerja anda.

MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIASI DIAGRAM ATAU GRAFIK

Langkah-langkah membuat diagram atau grafik adalah sebagai berikut.

  • Klik menu Insert.
  • Pilih Picture kamudian klik Chart, maka akan ditampilkan datasheet berikut.

Gambar 40. Kotak dialog Insert Picture

Gambar 41. Kotak dialog Insert File

  • Isikan tabel pada datasheet tersebut dengan data yang akan anda ubah menjadi grafik, misalnya isian berikut.

Gambar 42. Kotak dialog Datasheet

  • Isian datasheet di atas adalah contoh pengisian tabel tentang data penjumlahan handphone merk NOKIA, SONY ERICSSON dan SAMSUNG pada sebuah counter untuk bulan Januari sampai dengan April. Setelah selesai klik sembarang tempat, maka akan muncul diagram pada dokumen sebagai berikut.

Gambar 43. Chart

Pilihlah tipe grafik dengan meng-klik kanan mouse kemudian lakukan langkah-langkah selanjutnya.

MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIASI GAMBAR

Untuk menyisipkan gambar, dapat anda lakukan dengan cara mengambil dari fasilitas ClipArt atau gambar anda sendiri yang sudah disimpan dalam direktori tertentu. Adapun langkah-langkah menyisipkan gambar sebagai berikut.

  • Klik Insert.
  • Pilih Picture.
  • Klik ClipArt maka akan muncul banyak gambar.
  • Klik salah satu gambar yang ingin diambil.
  • Klik copy pada menu bar kemudian tutuplah jendela ClipArt.
  • Tempatkan kursor untuk meletakkan gambar kemudian klik Paste.

MEMBUAT DOKUMEN DENGAN VARIASI TABEL

Membuat Tabel

Tabel dapat anda buat melalui langkah berikut.

  • Klik menu Table.
  • Pilih Insert kemudian klik table maka akan muncul kotak dialog berikut.

Gambar 44. Kotak dialog Insert Table

  • Isikan pada Number of Columns
  • Isikan pada Number of Rows
  • Klik OK.

HOTKEYS YANG SERING DIGUNAKAN

  1. a.
Hotkeys Kegunaan
Ctrl + C Copy
Ctrl + V Paste
Ctrl + X Cut
Ctrl + B Bold
Ctrl + I Italic
Ctrl + U Underline
Ctrl + O Open
Ctrl + S Save
Ctrl + P Print
Ctrl + Z Undo
Ctrl + Y Redo
Ctrl + A Select All
Ctrl + F1 Task Pane
About these ads

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: